Masakan Opor Kuning Khas Indonesia

Masakan Opor Kuning Khas Indonesia

opor ayam kuning

Di negara kita Indonesia masakan opor biasanya hanya bisa disantap pada waktu perayaan hari raya atau hari besar lainnya, bagi umat muslim menyantap hidangan khas ini pas hari raya seperti menambah kelengkapan dan keberkahan hari besarnya, terasa ada yang kurang kata mereka ketika hari besar umat islam datang namun hidangan opor baik itu kambing, sapi, ataupun opor ayam tidak ada di meja makan untuk hidangan keluarga besar.

 

Salah satu varian atau jenis opor ayam yang khas di negara kita adalah opor ayam kuning dengan kaldu dan kuah yang kuning mempesona tentunya akan sangat menggugah selera makan kita bukan.?

Opor ayam kuning ini dibuat dengan aneka rempah dan bumbu yang khas Indonesia, resep dan cara membuatnya sudah banyak sekali ditemukan di internet namun kali ini kami akan memberitahu anda beberapa bahan yang sering digunakan membuatnya diantaranya adalah seperti yang kami bagikan kepada anda berikut ini.

Bahan membuat opor ayam kuning dikutip dari Resep Kue Terbaru

  1. Ayam
  2. Serai
  3. Lengkuas
  4. Daun Salam
  5. Daun Jeruk
  6. Jahe
  7. Santan Secukupnya
  8. Kemiri
  9. Kunyit
  10. Bawang Merah
  11. Bawang Putih
  12. Merica
  13. Ketumbar
  14. Teh Jintan

Nah itu dia beberapa bahan yang sudah jamak digunakan untuk olahan makanan bumbu kuning, mengenai takaran dan dosis silahkan anda berkreasi sendiri ya bunda supaya pas sesuai selera anda.

Bisa anda tonton video lontong kombinasi opor dibawah ini ya bunda

Opor sendiri terdiri dari banyak sekali varian yang bisa anda coba, kalau diatas kami sudah berikan sedikit tentang gambaran bumbunya maka berikut ini adalah beberapa daging yang bisa dijadikan opor :

  • Daging Ayam
  • Daging Sapi / Bisa juga dibuat Tongseng
  • Daging Kambing
  • Daging Burung

Demikian sekilas yang bisa kami sampaikan kepada anda semoga bermanfaat ya bunda, selamat menikmati inspirasi memasak pagi ini ya dan jangan lupa untuk selalu terus ikuti perkembangan dan update dari kami ya. Salam Hangat

Leave a Reply